26/12/2015
Meraih Keuntungan Dari Komplain Para Pelanggan Layanan Produk Dan Jasa Usaha Anda
NEWS DUNIA PAGI - Secara umum para pengusaha sangat anti atau bahkan ketakutan saat mendapatkan sebuah keluhan dari para pelanggan. Mereka memiliki presepsi bahwa keluhan adalah sesuatu yang buruk dan sebuah pertanda tidak baik bagi kelangsungan hidup perusahaan.Padahal jika kita dapat mengamati keluhan tersebut secara cermat maka terbukti secara ilmiah bahwa sebuah keluhan yang diungkapkan oleh siapapun yang memiliki kepentingan dengan produk ataupun jasa yang kita jual merupakan sebuah keuntungan bagi anda agar dapat menopang pertumbuhan bisnis yang sedang berkembang.
Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat anda tangkap dari keluhan konsumen :
1.
Setiap keluhan pada hakikatnya menunjukkan bahwa pelanggan
Anda memiliki perhatian terhadap produk atau jasa dan bahkan korporasi Anda.
Jika mereka tidak memiliki perhatian terhadap produk ataupun jasa anda, tentu mereka tidak perlu lelah dan emosi menyampaikan keluhannya tersebut. Cukup berpindah ke produk atau perusahaan lain, beres urusan!
Keuntungan pertama ini merupakan kabar baik bagi anda, bukan sebuah kabar buruk sehingga jangan merasa panik ketika pelanggan Anda sangat marah.
Jika mereka tidak memiliki perhatian terhadap produk ataupun jasa anda, tentu mereka tidak perlu lelah dan emosi menyampaikan keluhannya tersebut. Cukup berpindah ke produk atau perusahaan lain, beres urusan!
Keuntungan pertama ini merupakan kabar baik bagi anda, bukan sebuah kabar buruk sehingga jangan merasa panik ketika pelanggan Anda sangat marah.
2.
Keluhan konsumen menunjukkan bahwa mereka telah
terlibat meski keterlibatan tersebut belum secara dalam dan belum pada hal yang
positif.
Hal tersebut berjalan secara konsisten dengan keuntungan pertama yaitu perhatian menunjukkan mereka mulai terlibat dengan berbagai aspek komunikasi dari produk dan jasa yang telah Anda pasarkan.
Perhatian tersebut menunjukkan strategi pemasaran, penjualan dan kehadiran produk atau jasa yang telah diberedar terbukti mendapatkan sebuah respon. Keterlibatan awal tersebut merupakan sebuah modal dasar yang kuat untuk memulai dan membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial.
Hal tersebut berjalan secara konsisten dengan keuntungan pertama yaitu perhatian menunjukkan mereka mulai terlibat dengan berbagai aspek komunikasi dari produk dan jasa yang telah Anda pasarkan.
Perhatian tersebut menunjukkan strategi pemasaran, penjualan dan kehadiran produk atau jasa yang telah diberedar terbukti mendapatkan sebuah respon. Keterlibatan awal tersebut merupakan sebuah modal dasar yang kuat untuk memulai dan membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial.
3.
Setiap keluhan dari para pelanggan menunjukkan bahwa
sebenarnya mereka telah meniti tangga ke situasi bahwa mereka menyukai sebuah
produk atau jasa yang anda tawarkan.
Sangat wajar jika kita sedang menyukai seseorang dan mulai memikirkan bahwa seseorang tersebut memiliki sesuatu yang akan membuat kita bahagia.
Maka, dengan sukacita kita akan memberikan banyak masukan, perhatian, dan cenderung memikirkannya. Hal serupa juga dilakukan oleh para pelanggan Anda yang menyampaikan keluhan.
Sangat wajar jika kita sedang menyukai seseorang dan mulai memikirkan bahwa seseorang tersebut memiliki sesuatu yang akan membuat kita bahagia.
Maka, dengan sukacita kita akan memberikan banyak masukan, perhatian, dan cenderung memikirkannya. Hal serupa juga dilakukan oleh para pelanggan Anda yang menyampaikan keluhan.
4.
Keluhan dari para pelanggan membuktikan bahwa keluhan tersebut
disampaikan oleh pelanggan setia layanan produk atau jasa Anda. Dapat
dipastikan pelanggan tersebut mencintai produk, jasa, dan layanan yang selama
ini mereka nikmati.
Bukan sekedar itu saja, keluhan tersebut merupakan bukti kuat bahwa mereka memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap Perusahaan anda, akibat cinta mati dengan layanan produk atau jasa yang mereka rasakan telah banyak mengubah hidup mereka.
Maka dari itu, mereka tidak ingin produk, jasa serta korporasi yang menjual atau menyediakan layanan tersebut menjadi buruk muka ataupun memiliki layanan yang semakin menurun.
Bukan sekedar itu saja, keluhan tersebut merupakan bukti kuat bahwa mereka memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap Perusahaan anda, akibat cinta mati dengan layanan produk atau jasa yang mereka rasakan telah banyak mengubah hidup mereka.
Maka dari itu, mereka tidak ingin produk, jasa serta korporasi yang menjual atau menyediakan layanan tersebut menjadi buruk muka ataupun memiliki layanan yang semakin menurun.
5.
Sesuai dengan paparan di atas terbukti bahwa keluhan
akan mendorong perusahaan untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.
Apa maksudnya? dengan mendapatkan sebuah keluhan dari para pelanggan, maka sebuah korporasi akan dapat terhindar dari tidur panjang.
Jika Anda tidak selalu waspada maka akan membuat Perusahaan anda menjadi tertidur untuk selamanya, sehingga perlahan akan terkubur bersama dengan legenda dan hanya tersisa cerita kejayaan bagaikan sebuah dongeng masa lalu.
Apa maksudnya? dengan mendapatkan sebuah keluhan dari para pelanggan, maka sebuah korporasi akan dapat terhindar dari tidur panjang.
Jika Anda tidak selalu waspada maka akan membuat Perusahaan anda menjadi tertidur untuk selamanya, sehingga perlahan akan terkubur bersama dengan legenda dan hanya tersisa cerita kejayaan bagaikan sebuah dongeng masa lalu.
Mulai saat ini, jangan pernah merasa alergi, “parno” atau bahkan menghindar dari berapapun banyaknya keluhan yang disampaikan oleh para pelanggan anda, karena kita telah mendapatkan hikmah di balik semua “sumpah serapah” pelanggan yang menyampaikan keluhannya, terdapat sebuah keuntungan yang begitu besar dampaknya bagi kemajuan bisnis Anda.
Dan terakhir, Anda harus selalu berusaha menggali ilmu bagaimana menghadapi serta memberdayakan keluhan dari para pelanggan anda tersebut menjadi sebuah bahan bakar untuk mesin kemajuan dari perusahaan anda secara berkelanjutan.
Artikel tersebut ditulis oleh :
Jazak Yus Afriansyah seorang Author, Coach, Trainer (ACT) of Professional Skill Series.
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment